Minggu, 22 Januari 2012

Otak Kiri Yang Terlupakan



Anda sadar dengan kehadirannnya, anda sadar telah memilikinya dan itulah nasib si otak kiri. Dibalik fungsinya yang tak kalah dengan si otak kanan, si otak kiri lebih sering dikesampingkan. Fungsi dan perannnya hanya dijadikan pelengkap kerja otak itu sendiri. Kemampuan otak kanan yang setiap saat digunakan menyebabkan otak kiri jarang digunakan. Dalam kesempatan ini saya sebagai penulis akan membedah si otak kiri dan apa yang bisa anda dapat dari kehadirannya.

Jangan kira semua yang dilakukan oleh otak kita mampu dan dapat dilakukan oleh otak kanan kita, semuanya sudah ada bagian-bagian dan fungsi masing-masing. Kemampuan imajinatik dan kemampuan menulis/mengarang atau melukis dan menciptakan sebuah karya lagu itulah salah satunya. Si otak kanan tidak akan bisa melakukan hal-hal diatas, otak kanan cenderung untuk melakukan hal-hal sudah menjadi kebakuan dalam sesuatu rangsangan. Kemampuan berhitung, kemapuan logika dan intuisi berpikir masuk diantaranya

Kita seharusnya sadar untuk dapat mengembangkan peran kerja otak kanan dan kiri, kapan kita harus menggunakan otak kanan dan kapan juga kita menggunakan otak kiri, so seimbangkanlah keduanya. Kemampuan otak kiri yang terlupakan itu dapat anda jadikan sebagai modal anda kedepannya. Disisi lain otak kanan anda lemah maka asalah kerja otak kiri anda semaksimal mungkin. Mengembangkan imajinasi di dalam diri kita atau mencoba merangkai kata-kata menjadi sebuah tulisan yang bermakana itu semua bisa di dapatkan di dalam otak kiri anda masing-masing, janganlah selalu menyepelekan kehadirannya Sang pencipta kita Allah SWT tidak menciptakan sesuatu organ atau bagian tubuh manusia tanpa fungsi dan perannya di dalam mendukung kerja system si manusia itu sendiri.

Otak kiri mengakomodasi semua hal yang berbau imajinatif dan gambaran angan-angan, lain halnya dengan otak kanan yang berisi dengan hal-hal yang berbau logika berpikir dan perhitungan matematis, sungguh berbeda sekali fungsi diantara keduanya itu. Kemampuan kita untuk mengembangkan kedua otak itu berperan sangat penting dalam pembentukan sebuah pemikiran-pemikiran yang kita rancang. Pada suatu waktu kita menggunakan kerja otak kanan untuk memecahkan masalah-masalah pemikiran logis dilain sisi kita menggunakan otak kiri untuk memecahkan masalah-masalah yang berbau imajinatif dan gambaran-gambaran. Keduanya satu kesatuan yang tak terpisahkan, dan mulai sekarang asahlah kerja otak kiri anda untuk hal-hal penting dalam hidup anda.

Otak kiri juga dapat dijadikan sebagai media hiburan bagi kita yang tahu menggunakannya, kemampuan mengarang sebuah buku atau sebuah tulisan imajinatif atau bahkan ide ide pemikiran baru. Tinggal bagaimana kita mau apa tidak mengembangkannya. Semakin kita mengasah kerja otak itu maka semakin kita mengasah kerja pemikiran otak kiri. Ternyata anda-anda baru menyadari kalau si otak kiri ini juga tak kalah pentingnya.

Disaat semua orang menggunakan otak kanan secara berlebihan/mengeksploitasi, kita bisa menggunakan otak kiri kita untuk mengembangkan bakat kita si sesuatu hal yang lain. Dengan kemapuan itu kita bisa menutupi kelemahan kita kepada orang lain. Janganlah berkecil hati dengan kemampuan yang kita miliki banggakanlah kepada orang lain bahwa kita bisa menajadi yang lain toh juga orang-orang lain belum tentu bisa mamksimalkan otak kiri seperti anda-anda semua.

Otak kiri tak selamanya akan menjadi cadangan dan di nomerduakan jadikanlah otak  kirimu sumber dari pemikiran-pemikiran. Kerja dari sebuah otak kiri insyAllah akan lebih baik dari otak kanan jikalau kita dapat mengembangkannya jauh lebih baik dari otak kanan yang kita miliki. 





Ditulis oleh : aditya_trihutama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN COMENT KALIAN, BUT NO BASHING YAH (^_*)