Senin, 17 September 2012

contoh proposal kekeringan


Latar Belakang
          Indonesia  merupakan wilayah  yang memiliki iklim tropis karena dilewati garis khatulistiwa. Oleh karena itu Indonesia hanya memiliki 2 musim , yaitu: musim kemarau dan musim hujan. Ditambah dengan adanya isu global warming yang menjadikan ketidak tentuan periode musim di Indonesia. Kemarau yang berkepanjangan bisa mengakibatkan kekeringan karena cadangan air tanah akan habis akibat penguapan (evaporasi), transpirasi yang dikarenakan oleh sedikitnya populasi tumbuhan di wilayah tersebut, ataupun penggunaan lain oleh manusia.
          Fenomena inilah yang sedang terjadi diwilayah gunung kidul, jawa tengah. Tepatnya  RT 01/RW 02 di dusun kamal, desa wunung, kecamatan wonosari. Persoalan kekeringan ini sebenarnya telah menjadi masalah rutin tiap tahunnya, yaitu warga menghadapi kesulitan air guna mencuci, memasak, mandi sampai beribadah. Selain itu maslah yang telah turun temurun ini mengakibatkan terganggunya ekologi dan kegiatan pertanian di wilayah ini.
          Atas dasar uraian diatas kami selaku karang taruna desa wunung menyelenggarakan kegiatan bakti social dengan membantu penyediaan air bersih dan pembangunan bak penampungan air masal guna warga dusun kamal khususnya warga RT 01/ RW 02. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu mengurangi keresahan warga akan sulitnya mencari air bersih dan salah satu solusi upaya penanggulangan kekurangan air bersih jangka 5 tahun mendatang.




Tujuan
1.    membuat bak penampungan air bersih guna warga RT 01/02 dusun kamal desa wunung, kecamatan wonosari.
2.    Menyalurkan bantuan air bersih untuk keperluan warga RT 01/02 dusun kamal desa wunung kecamatan wonosari.


Dasar Pemikiran
1.    Hasil keputusan rapat pengurus karang taruna desa wunung , pengurus RT 01 dusun kamal, dan perwakilan warga. Sabtu, 25 Agustus 2012
2.    Program kerja pengurus karang taruna desa wunung tahun 2012.


Jenis kegiatan
1.    Penyaluran bantuan air bersih.
2.    Pembuatan bak penampungan air seluas 500 m3
3.    Upacara ceremonial peresmian dan syukuran warga.








PELAKSANAAN KEGIATAN
Mengingat lamanya waktu yang diperlukan kegiatan ini, oleh karena itu kami membuat jadwal kegiatan terperinci. ( jadwal kegiatan terlampir)



PANITIA PELAKSANA
Panitia pelaksana kegiatan BAKTI SOSIAL WILAYAH KEKERINGAN RT 01/RW 02 DUSUN KAMAL adalah ANGGOTA KARANG TARUNA DESA WUNUNG.  (Kepanitiaan Terlampir)


KESEKRETARIATAN

Sekretariat kegiatan BAKTI SOSIAL WILAYAH KEKERINGAN RT 01/RW 02 DUSUN KAMAL 
Jl. Raya kamal  No. 12 dusun kamal desa wunung kecamatan wonosari.
Tlp. 0274 - 777 3572



CONTACT PERSON

Rudi : 0813 1567 8888
Yanti : 0813 1555 8989
Ma’at : 0852 2267 8988








SUSUNAN KEPANITIAAN
Terlampir

RENCANA ANGGARAN BIAYA
Terlampir









PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami susun. Kami selaku Karang Taruna Desa Wunung mengharapkan kepada semua pihak untuk berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan Bakti Sosial di wilayah kekeringan. Usaha optimal yang datang dari kami selaku panitia tidak akan ada artinya jika ini tidak terlaksana dengan baik. Untuk itu peran serta, dukungan dan bantuan dari berbagai pihak sangat diharapkan. Semoga Allah SWT memberi kesuksesan, kemudahan dan meridhoi pelaksanaan kegiatan ini. Amin.
            Atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak kami ucapkan terima kasih.








Lampiran 1:
SUSUNAN KEPANITIAAN
PENANGGUNG JAWAB
HAERUDIN
PENASIHAT
Ir. Kusmin
Ir. Sentot Wijaya
SARANA DAN PRASARANA
Warsito
KETUA
 Tukimin
PANITIA PELAKSANA
Ketua
Danardi
Wakil
Sarkum


Sekretaris                                                                   Bendahara
Soimah                                                                         Latifah

SEKSI-SEKSI :
1.      Sie. Acara
                        Koordinator     : jannah
                        Anggota           : hamdani
2.      Sie. Perlengkapan
                        Koordinator     : aryo
                        Anggota           : Guntur          

3.      Sie. Konsumsi
                        Koordinator     : Annisa
                        Anggota           : Dewi












Lampiran 2:
Susunan Acara

No
Waktu
Tanggal
Lokasi
1
08.00 – 11.00
Minggu, 01 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
2
08.00 – 15.00
Sabtu, 07 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
3
08.00 – 11.00
Minggu, 08 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
4
08.00 – 15.00
Sabtu, 14 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
5
08.00 – 11.00
Minggu, 15 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
6
08.00 – 15.00
Sabtu, 21 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
7
08.00 – 11.00
Minggu, 22 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
8
08.00 – 15.00
Sabtu, 28 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
9
08.00 – 11.00
Minggu, 29 April 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
10
08.00 – 15.00
Sabtu, 05 Mei 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
11
08.00 – 11.00
Minggu, 06 Mei 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
12
08.00 – 15.00
Sabtu, 12 Mei 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal
13
08.00 – 11.00
Minggu, 13 Mei 2012
Barat daya lapangan bola dusun kamal










LAMPIRAN 3              :

RENCANA ANGGARAN BIAYA

1.      Rencana Belanja
a.      Perlengkapan dan Peralatan
o   Semen 25 sak x @ Rp. 54.000,00                               = Rp     1.350.000,00
o   Pipa air 15 meter x @ Rp. 20.000,00                         = Rp         300.000,00
o   Keran air 25 x @ Rp. 25.000,00                                  = Rp         625.000,00
o   Besi batangan 30 x @ Rp. 30.000,00                          = Rp         900.000,00 
o   Pasir 1 mobil pick up                                                  = Rp     1.500.000,00
o   Anggaran pengadaan air bersih 6 x @ 1.000.000,00 = Rp     6.000.000,00
o   Selang air bersih 25 x 30 meter x @Rp. 6.000,00      = Rp         450.000,00
                  Jumlah                                                                        = Rp    11.125.000,00

b.      Konsumsi
o   Air kemasan 240ml     10 dus x @Rp 20.000,00                     = Rp        200.000,00
o   Snack @ 80.000,00 x 10                                                          = Rp        800.000,00
o   Konsumsi tenaga ahli 2 orang x @Rp. 30.000,00 x 10           = Rp        600.000,00 +
                                                                                                          Rp    1.600.000,00

c.       Pelaksanaan
o    Upah tenaga ahli 2 orang x 10 x @ Rp.50.000,00                 = Rp.  1.000.000,00
o   Anggaran ceremony                                                               = Rp.     200.000,00 +
                                                                                                          Rp   1.200.000,00




JUMLAH KESELURUHAN                                               = Rp  13.925.000,00
Terbilang : ( tiga belas juta sembilan ratus dua puluh lima ribu rupiah )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN COMENT KALIAN, BUT NO BASHING YAH (^_*)