Minggu, 22 Januari 2012

Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia




Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia ImageSeorang peneliti dan ahli neuropsikologi bernama Roger Wolcott Sperry dari Hartford USA menemukan bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua bagian tersebut memiliki fungsi praktis dan terspesialisasi yang keduanya tidak tergantung satu sama lain. Dan atas penemuannya tersebut ditahun 1981 dia memperoleh hadiah nobel dalam bidang medis.
Otak kanan lebih banyak berfungsi dalam hal persamaan, tolak ukur kreatifitas seseorang, musik, khayalan warna dan emosi. Daya ingat otak kanan akan bertahan lama karena bagian ini menyimpan banyak hal misalnya ingatan dan impian.
Sedangkan otak kiri lebih banyak berfungsi dalam hal logika, matematika, angka-angka, perhitungan, tulisan maupun bahasa. Daya ingat otak kiri bersifat lebih pendek karena hal yang perlu diingat tidak berkaitan dengan emosi manusia.
Walapun keduanya memiliki fungsi yang berbeda, setiap individu cenderung mengutamakan salah satuk bagian dibanding bagian yang lain. Hal ini akan terus terbawa pada diri seseorang dalam menjalani hidup.
Jika ingin mengetahui bagian mana dari otak anda yang paling dominan, apakah otak kanan atau otak kiri?

Lihat gambar ini dan baca katakan warna asli yang anda lihat.
Jangan sekali-kali membaca tulisannya..!!
Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia Image

Otak kanan akan mencoba mengatakan warna asli dari tulisan tersebut, sedangkan otak kiri anda bersikeras untuk membaca tulisan yang ada.

Coba sekali lagi dengan gambar di bawah ini. Sebutkan bentuk fisik dari gambar yang ada, jangan baca tulisan di dalamnya.

Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia Image

Walapun anda bukan Roger Sperry anda bisa menerka, bagian otak mana yang paling dominan dalam diri anda. Apakah otak kanan atau otak kiri..??


Read more: http://blog.fastncheap.com/otak-kiri-dan-otak-kanan-manusia/#ixzz1kC1aeuwR

Obat Penghilang Ingatan??





Ilmuwan asal AS dan Kanada telah mengembangkan suatu metode yang dapat menghambat atau bahkan menghapus memori yang tidak dikehendaki dalam otak manusia.



Peneliti terkait menyatakan bahwa mereka dapat menghapus memori spesifik dengan obat, sekaligus dapat memastikan memori lainnya masih tersimpan dengan baik dan utuh. Ahli saraf mendapati bahwa dengan memanfaatkan timing yang tepat memasukkan obat penghapus memori saat kita sedang teringat akan sesuatu, obat tersebut akan dapat menghalangi simpanan memori, bahkan membuat memori itu hilang.

Menurut laporan sebuah harian terbitan Inggris, penelitian ini menarik perhatian konsultan parlemen Inggris. Dengan tegas mereka mengatakan bahwa sekarang perlu adanya suatu penetapan standar baru untuk mengawasi penggunaan obat jenis ini, tujuannya mencegah jangan sampai obat ini digunakan sembarang orang sebagai “obat mujarab darurat”.

Namun ilmuwan yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini menegaskan bahwa obat penghapus ini mungkin memiliki nilai yang sangat berharga dalam mengobati gejala penyakit seperti tekanan stress karena terluka (hati) dan penyakit mental.

Dalam laporan penelitian terbaru yang diungkapkan di majalah “Psychiatry Research”, ahli penyakit jiwa dari Universitas Harvard, Boston, menggunakan obat ‘penghambat memori’ penderita yang terluka.

Profesor Nadher mengatakan, “ketika kita mengingat kenangan lama, memori-memori ini mungkin dalam keadaan belum tersimpan, sehingga kemudian harus disimpan kembali.”

Nadher menuturkan: “ketika memori menyimpan kembali, kita beri obat yang dapat menolak bagian emosi dalam memori tersebut kepada penderita. Kerja obat adalah membiarkan bagian kesadaran dalam memori tetap tersimpan utuh, sehingga dengan demikian penderita dapat mengingat semua bagian kecil, tapi tidak akan terganggu oleh memori tersebut.”

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memori dapat dikendalikan, sebab fungsi memori bagaikan terbuat dari kaca, dimana dalam proses menciptakan memori menampakkan keadaan lebur dan setelah itu menjadi padat.

Obat yang digunakan peneliti adalah propranolol. Obat ini biasanya dipakai untuk mengobati tekanan darah tinggi bagi penderita sakit jantung. Namun telah diketahui dapat mengakibatkan sakit ingatan. Mereka memakai obat ini untuk mengobati 19 korban yang pernah mengalami kecelakaan atau pelecehan seksual selama 10 hari, sekaligus meminta mereka menggambarkan ingatan atas peristiwa yang menggoreskan luka di hati yang terjadi pada 10 tahun silam.

Sepekan kemudian, peneliti mendapati bahwa penderita yang menggunakan obat tersebut, menunjukkan tanda-tanda munculnya tekanan stress lebih jarang ketika mengenang kembali luka hati di masa lalu, misalnya detak jantung bertambah cepat dan sebagainya.

Dalam sebuah penelitian baru yang dipublikasikan oleh para ilmuwan di Universitas New York, para peneliti mengatakan bahwa mereka berhasil menghapus memori tunggal dalam otak tikus, sekaligus dapat mempertahankan memori lainnya dengan baik dan utuh.

Penelitian ini menimbulkan kekhawatiran sebagian ilmuwan, mereka khawatir obat yang dipakai untuk mengubah memori mungkin akan disalahgunakan oleh masyarakat awam untuk menghapus memori yang tidak diinginkan.
Laporan baru yang dipublikasikan kantor teknologi dan ilmu pengetahuan di bawah yuridiksi parlemen Inggris memperingatkan keharusan menetapkan standar pengawasan penggunaan obat jenis ini dan secara ketat membatasi preskripsinya sehingga mereka hanya dapat membelinya apabila disertai dengan resep dokter.

ayoo. . . sapa mau ingatannya ilang? silahkan cobak ni obat, , beli di apotik2 terdekat yaaah!!!
  •  
  •  
  •  
  •  
Diposkan oleh Mas Bahiz http://xxxkabyxxx.blogspot.com

Otak Kiri Yang Terlupakan



Anda sadar dengan kehadirannnya, anda sadar telah memilikinya dan itulah nasib si otak kiri. Dibalik fungsinya yang tak kalah dengan si otak kanan, si otak kiri lebih sering dikesampingkan. Fungsi dan perannnya hanya dijadikan pelengkap kerja otak itu sendiri. Kemampuan otak kanan yang setiap saat digunakan menyebabkan otak kiri jarang digunakan. Dalam kesempatan ini saya sebagai penulis akan membedah si otak kiri dan apa yang bisa anda dapat dari kehadirannya.

Jangan kira semua yang dilakukan oleh otak kita mampu dan dapat dilakukan oleh otak kanan kita, semuanya sudah ada bagian-bagian dan fungsi masing-masing. Kemampuan imajinatik dan kemampuan menulis/mengarang atau melukis dan menciptakan sebuah karya lagu itulah salah satunya. Si otak kanan tidak akan bisa melakukan hal-hal diatas, otak kanan cenderung untuk melakukan hal-hal sudah menjadi kebakuan dalam sesuatu rangsangan. Kemampuan berhitung, kemapuan logika dan intuisi berpikir masuk diantaranya

Kita seharusnya sadar untuk dapat mengembangkan peran kerja otak kanan dan kiri, kapan kita harus menggunakan otak kanan dan kapan juga kita menggunakan otak kiri, so seimbangkanlah keduanya. Kemampuan otak kiri yang terlupakan itu dapat anda jadikan sebagai modal anda kedepannya. Disisi lain otak kanan anda lemah maka asalah kerja otak kiri anda semaksimal mungkin. Mengembangkan imajinasi di dalam diri kita atau mencoba merangkai kata-kata menjadi sebuah tulisan yang bermakana itu semua bisa di dapatkan di dalam otak kiri anda masing-masing, janganlah selalu menyepelekan kehadirannya Sang pencipta kita Allah SWT tidak menciptakan sesuatu organ atau bagian tubuh manusia tanpa fungsi dan perannya di dalam mendukung kerja system si manusia itu sendiri.

Otak kiri mengakomodasi semua hal yang berbau imajinatif dan gambaran angan-angan, lain halnya dengan otak kanan yang berisi dengan hal-hal yang berbau logika berpikir dan perhitungan matematis, sungguh berbeda sekali fungsi diantara keduanya itu. Kemampuan kita untuk mengembangkan kedua otak itu berperan sangat penting dalam pembentukan sebuah pemikiran-pemikiran yang kita rancang. Pada suatu waktu kita menggunakan kerja otak kanan untuk memecahkan masalah-masalah pemikiran logis dilain sisi kita menggunakan otak kiri untuk memecahkan masalah-masalah yang berbau imajinatif dan gambaran-gambaran. Keduanya satu kesatuan yang tak terpisahkan, dan mulai sekarang asahlah kerja otak kiri anda untuk hal-hal penting dalam hidup anda.

Otak kiri juga dapat dijadikan sebagai media hiburan bagi kita yang tahu menggunakannya, kemampuan mengarang sebuah buku atau sebuah tulisan imajinatif atau bahkan ide ide pemikiran baru. Tinggal bagaimana kita mau apa tidak mengembangkannya. Semakin kita mengasah kerja otak itu maka semakin kita mengasah kerja pemikiran otak kiri. Ternyata anda-anda baru menyadari kalau si otak kiri ini juga tak kalah pentingnya.

Disaat semua orang menggunakan otak kanan secara berlebihan/mengeksploitasi, kita bisa menggunakan otak kiri kita untuk mengembangkan bakat kita si sesuatu hal yang lain. Dengan kemapuan itu kita bisa menutupi kelemahan kita kepada orang lain. Janganlah berkecil hati dengan kemampuan yang kita miliki banggakanlah kepada orang lain bahwa kita bisa menajadi yang lain toh juga orang-orang lain belum tentu bisa mamksimalkan otak kiri seperti anda-anda semua.

Otak kiri tak selamanya akan menjadi cadangan dan di nomerduakan jadikanlah otak  kirimu sumber dari pemikiran-pemikiran. Kerja dari sebuah otak kiri insyAllah akan lebih baik dari otak kanan jikalau kita dapat mengembangkannya jauh lebih baik dari otak kanan yang kita miliki. 





Ditulis oleh : aditya_trihutama

Kreatifitas Tanpa Batas


Kita mungkin bertanya-tanya mengapa sedikit sekali karya kreatif yang lahir di negeri ini. Apakah karena kita bodoh? Tidak!, Banyak sekali universitas yang setiap tahun melahirkan puluhan ribu sarjana. Apakah karena spec otak kita di bawah rata-rata? Sekali lagi Tidak!, Beberapa tahun terakhir anak-anak negeri ini unjuk gigi pada olimpiade matematika dan fisika. So, what? Ada banyak faktor, namun berikut ini faktor yang paling besar kontribusinya.

Mungkin kita tidak pernah menyadarinya, Orang tua kita sering lebih banyak “mengajarkan” untuk lebih banyak menggunakan tangan kanan. “Pakai tangan yang baik!”, baca: pakai tangan kanan, dan bahwa tangan kiri jelek. Jika tangan kiri jelek mengapa Tuhan menciptakan tangan kiri? Dan apa yang diajarkan itu terus tertanam dalam diri kita.
Fakta medis berbicara bahwa tangan kanan dikendalikan oleh otak kiri, dan tangan kiri dikendalikan oleh otak kanan. Otak kiri berperan dalam kegiatan analitis, dan otak kanan berperan dalam sisi kreatif dan imaginasi. Semakin besar ketidakseimbangan kita dalam menggunakan tangan, yang kita terlalu sedikit menggunakan tangan kiri, maka otak kanan yang mengatur sisi kreatif dan imajinasi kita, sangat lemah dan tumpul. Mungkin kita pandai, mungkin kita sarjana, atau bahkan master. Namun sudah bisa ditebak bahwa tidak akan banyak karya kreatif yang bisa ia lahirkan. Kepandaian, sehebat apapun itu, tanpa sisi kreatifitas, hanya akan menjadi mesin yang akan dikendalikan oleh pihak lain.
Yang tersembunyi dari cara kerja otak.
Otak merupakan central command pada setiap makhluk hidup, dimana setiap gerakan yang dilakukan oleh tubuh adalah hasil komando dari otak. Apa jadinya jika otak kehilangan atau setidaknya berkurang fungsinya sebagai central command? Tentu saja gerakan yang dibuat tidak akan terkontrol atau mungkin bahkan anggota tubuh lainnya tidak lagi dapat melakukan gerakan alias lumpuh… takuuut!
Otak Tidak Terlatih
Pada banyak penelitian mengenai kemunduran fisik otak, sebuah universitas di Amerika meneliti dua orang pria dengan umur dan kondisi yang sama. Profesi dari masing-masing pria tersebut adalah dosen dan arsitek. Kedua profesi tersebut diyakini banyak menggunakan otak dan kurang lebih porsi penggunaan otaknya sama.
Pria pertama adalah seorang dosen yang berumur 50 tahun. Di usia dimana sudah harus pensiun dari pekerjaan yang sekian puluh tahun telah digelutinya. Sebagaimana kita tahu bahwa dosen merupakan tenaga pendidik dimana otak adalah kebutuhan nomor satu yang dapat diandalkan sebagai seorang pengajar, ketrampilannya mengajar dan ketahanannya untuk berdiri ke depan kelas adalah kebutuhan nomor sekian.
Lalu kemudian, hari-hari pada masa pensiunnya, ia isi dengan kesibukan berkebun dan menonton televisi. Setelah kira-kira 5 tahun kedepan apa yang terjadi? Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peneliti kepada pria pertama tersebut tidak dapat ia jawab sebaik saat ia mengajar di depan kelas. Padahal pertanyaan tersebut adalah materi yang biasa ia berikan kepada siswanya. Begitu pula pertanyaan seputar dunia yang masih hangat ditayangkan televisi. Ia hanya mampu menjawab dengan jawaban ringan dan lebih mengemukakan opininya sendiri berdasarkan pengalaman yang pernah didapatnya.
Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa pria pertama tersebut mengalami kehilangan memori sebesar 20% dan kecepatannya memecahkan masalah juga berkurang 18%.
Otak Terlatih
Pada pria kedua yakni seorang mantan arsitek dimana ia juga memutuskan untuk pensiun di usia 50 tahun. Selama masa kerjanya ia terbiasa menghitung berat jalan atau bangunan yang dibuatnya hingga hitungan per milimeter, enghitung kekuatan angin pada gedung-gedung bertingkat, memikirkan fungsi ruangan yang saling terkait, hingga perhitungan budget per sen-an.
Kemudian pada masa pensiunnya, pria kedua dalam penelitian ini memilih menjadi seorang konsultan arsitek, dan hari-harinya tidak pernah putus dari sebua komputer. Sebagai seorang pensiunan dan hanya menjadi seorang konsultan tentu banyak waktu luang. Tapi waktu luang tersebut ia gunaka untuk mencoba dan mempelajari software-software baru. Ia juga menonton televisi pada sebagian waktu luangnya. Mangikuti acara permainan kuis yang banyak sekali diputar di stasiun tv, mulai dari kuis tebakan kata atau gambar hingga pada kuis ilmu pengetahuan umum dan teknologi.
Apa yang terjadi setelah 5 tahun? Bukan…, bukan hanya 5 tahun, bahkan hingga 7 tahun kemudian, ia tetap menjadi seorang arsitek dengan ide-ide terbarunya yang segar yang kerap menjadi tren pada disain arsitekturnya. Hingga pada penggunaan software terbaru dapat secara baik dikuasainya.
Kedua contoh di atas sangat jelas sekali perbedaannya. Di mana otak yang sudak tidak pernah dilatih dengan cepat akan mengalami kemunduran pada fungsinya. Sedangkan pada otak yang teratur besarnya fungsi otak dapat dipertahankan.
Pada penelitian tersebut, kedua pria tersebut di atas dinyatakan sehat. Karena banyak pria dengan umur di atas 40 tahun memiliki penyakit seperti stroke, diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya yang bilamana memasuki usia 50-an biasanya akan mengganggu syaraf. Hal ini tentu saja akan menjadi hambatan pada otak, meskipun otak tersebut secara teratur dilatih. Walau penyakit-penyakit tersebut menghambat atau bahkan sangat mempengaruhi ketahanan dari fungsi otak, latihan fungsi otak tetap berguna untuk memperlambat laju penurunan fungsi otak.
Otak Kiri dan Otak Kanan
Manusia normalnya selalu menggunakan tangan kanan dalam melakukan hampir seluruh kegiatan, seperti makan, menulis dan lain-lain. Bila tangan kanan tersebut digunakan untuk melakukan suatu gerakan, sesungguhnya gerakan tersebut dikendalikan oleh otak kiri. Penggunaan otak kiri lebih berfungsi untuk pemikiran-pemikiran yang bersifat logis dan untuk kecepatan serta ketepatan dalam perhitungan numerik.
Normalnya juga, orang dewasa orang dewasa jarang menggunakan tangan kirinya, atau tangan kirinya jarang terlatih. Sering kita dapati bahwa daya khayal anak-anak di bawah umur 10 tahun sangat tinggi. Salah satu pemicu dari tingginya daya khayal mereka adalah frekuensi penggunaan tangan kirinya hanya selisih 30% dari penggunaan tangan kanan. Dan seiring pertumbuhannya selisih frekuensi antara penggunaan tangan kiri dan kanan semakin besar.
Pada masa sebelum sekolah, yaitu di bawah  umur 6 tahun khususnya, anak-anak diajarkan melempar atau menangkap bola dengan menggunakan kedua tangannya, membawa gelas atau mangkuk dengan kedua tangan. Mereka biasa mengambil sesuatu dengan menggunakan tangan atau mengangkat tangan kirinya. Dan kita terlalu banyak diajarkan untuk menggunakan tangan kanan dan kebiasaan itu terus berlanjut saat dewasa.
Melatih Otak Kanan
Ada banyak cara untuk melatih otak kanan, dari cara yang sederhana yang biasa dilakukan sehari hari, hingga yang mungkin sulit seperti menulis dengan tangan kiri, jika normalnya menulis dengan tangan kanan. Cobalah dengan cara yang sederhana yang termudah dan kemudian secara bertahap pada gerakan yang lebih sulit.
Simak beragam cara yang bisa dilakukan untuk melatih ketangkasan bagi tangan kiri sekaligus melatih ketajaman otak kanan.
1. Angkat tangan kiri setinggi dada dan lakukan gerakan mengayun membentuk angka delapan tidur.
2. Gerakan menyilang dimana saat tangan kanan memukul ke kiri, kaki kiri menendang ke kanan, dan sebaliknya.
3. Lebih bervariasi lagi suatu gerakan akan lebih bagus efeknya pada fungsi otak. Lakukan semua gerakan yang menyilang yang mungkin bisa dilakukan seperti kedua gerakan di atas.
4. Untuk kegiatan sehari-hari, coba gerakkan denga:
- Menyapu atau membesrihkan lantai dengan tangan kiri.
- Memasukkan bola pada keranjangnya dengan tangan kiri, usahakan agar bola terarah pada tujuan.
- Bila memiliki kesabaran tinggi, coba dengan menulis menggunakan tangan kiri. Walau awalnya sulit namun hal ini sangat baik efeknya terhadap otak kanan.
Silakan dicoba, mungkin saja bisa mengalahkan ide gila Einstein, karya besar Michaelangelo atau ilusi dahsyat Copperfield!
Kreatifitas tanpa batas is driven by ThePowerOfDream.com

Kamis, 19 Januari 2012

JALAN BERBEDA UNTUK PERUBAHAN

SELAMAT MALAM SEMUANYA . . .
Apakah hari ini berjalan dengan indah ? Apakah semua terlalui dengan baik? aku harap sih begitu, hari ini berjalan dengan indahnya dan semua proses hari ini berjalan dengan baik...

Guys, pernahkah kamu merasa bosan yang amat sangat dengan apa yang kamu jalani? atau kamu bertanya mengapa aku mengalami semua ini setiap hari? ataupun kamu merasakan sesak dan butuh ruang baru untuk mu bernafas dan tumbuh? Semua pertanyaan itu memenuhi benak, begitu mengganggukan sampai terkadang rasanya membuat otak serasa mau meledak. . .
Aku pikir wajar jika terkadang kita merasa bosan bahkan sampai stress dengan ruang lingkup kita, dengan suasana disekitar kita maupun dengan orang - orang disekitar kita. Bosan bisa kita rasakan karena kita sudah terbiasa dengan suatu hal ataupun suasana bahkan tindakan/perilaku yang di jalani setiap waktunya secara berulang ulang, sehingga tak ada satupun gairah karena memang semua bukanlah hal istimewa. Semua pasti mengalaminya, kejenuhan dalam hubungan, kehidupan, suasana kantor, sekolah , maupun lingkungan rumah dan akhirnya muncul sebuah anggapan "NOTHING SPECIAL ABOUT THIS" . jika telah muncul anggapan itu dalam otak kita maka segala sesuatu yang kita lakukan " PERCUMA DAN TIDAK AKAN MERUBAH APAPUN", sampai akhirnya kita tidak mau bergerak dan melakukan apapun, membiarkannya begitu saja.

inilah sebenarnya bahayanya, ketika kejenuhan itu telah merubah kita menjadi pasif ataupun mals melakukan apapun dengan alasan semuanya "PERCUMA", jika sikap tersebut kita lakukan dalam sebuah hubungan maka percayalah hal tersebut cepat atau lambat akan merusak suasana dengan pasangan, miss comunication bahkan parahnya merenggangkan hubungan ataupun pemicu ke sebuah ambang perpisahan. tentu anda tidak mau kan? hubungan yang telah terjalin dengan baik bersama pasangan selama bertahun akan berakhir begitu saja hanya karena jenuh, wah sangat disayangkan kan?

tetapi jika sikap percuma itu terjadi dilingkungan kerja/sekolah/ masyarakat maka percayalah anda akan tertinggal atupun tenggelam sendiri dalam dunia anda. Dunia luar rasanya begitu asing dan sulit sekkali untuk kita jamah ataupun ikuti, dan apakah yang akan dikatakan orang disekeliling anda? anda kuper? anda terlalu tertutup? bukankah anda tidak mau kan dianggap ketinggalan kereta?


lalu apa yang harus saya lakukan ? saya juga tidak ingin seperti ini, tapi saya sudah terlalu malas bertindak saya rasa semua percuma tak akan membawa banyak perubahan! saya mengerti tentang hal tersebut karena saya juga pernah mengalaminya, sedikit saya ingin bercerita...

saya tinggal didaerah kota A dan saya bersekolah di kota B, terpikir apakah tidak jauh? tidak, orang saya tinggal di perbatasan antara A dan B, jika ditempuh dengan kendaraan roda 2 saya hanya memerlukan waktu 15-20 menit kesekolah apabila kondisi jalan lancar, tapi jika tersendat bahkan macet saya bisa menghabiskan waktu 30-1jam perjalanan. kebetulan saya duduk di sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), saya bersekolah selalu membawa kendaraan sendiri walau hanya kendaraan roda 2, dengan alasan efesiensi waktu dan biaya. setiap hari saya berangkat di jam yang sama dan pukul yang sama. suatu ketika saya merasa bosan, dan timbulah pertanyaan kenapa saya harus berangkat di jam ini setiap hari? kenapa saya harus setiap hari melewati jalan ini? apa yang terjadi jika saya tidak melewati jalan ini? apa yang terjadi jika saya mempercepat ataupun memperlambat jam keberanggkatan saya? tapi rasanya awalnya memang percuma, itulah kata yang dibenak saya! percuma karna semua tak akan merubah apapun, saya toh akhirnya akan tiba di tempat tujuan walaupun tidak melalui jalan yang sama dan datang diwaktu yangg berbeda! tapi ada sebuah pikiran kenapa tidak saya coba? dan apakah yang akan aku alami? rasa penasaran yang muncul itu mendorong untukku merubah semuanya satu kali saja, dan ternyata apa yang terjadi? ketika aku mencoba untuk memperlambat jam keberangkatanku aku jadi merasakan bagaimana suasana maacet pagi hari, dan sebuah adrenalin ketika dihantui perasaan taku akan hukuman ketika aku telat masuk tapi rasanya sungguh mengairahkan dan menimbulkan suasana yang berbeda ada sebuah kepuasan dan seperti mainan baru dalam keseharianku. sedangkan ketika aku memutuskan untuk sekali saja melalui jalan yang berbeda, apa yang terjadi? tentunya peta jalan yang ada dalam otakku bertambah dan aku bisa memandangin suasana pagi dan pemandangan sepanjang perjalanan, semua merefresh otakku sejenak!sekali memang aku melakukannya tetapi apa salahnya aku melakukannya sekali lagi, merubah rubah waktu, dan arah -arah ku, toh pada akhirnya aku akan sampai ketujuanku? yaitu sekolahkan? lalu apakah maksud dari ceritaku???

guys apa salahnya sih kita mencoba sekali mencoba untuk bergerak merubah suasana keputusan ataupun jalan kehidupan kita? menemukan suasana baru? memilah dan memilih langkah yang tepat, dan nyaman untuk kita, merubah kata "JENUH,MEMBOSANKAN,PERCUMA,TAK BERGUNA, TAK MERUBAH APAPUN" sebagai sebuah tantangan atupun seperti saya menganggapnya sebagai sebuah permainan yang harus diselesaikan, tetapi ingat kita juga harus menentukan satu titik tujuan akhir permainan walaupun kita menggunakan jalan yang berbeda beda setiap saat ketika ingin mencapainya, jalan berbeda boleh kita lakukan untuk memberikan perubahan perubahan dan pembaharuan, tetapi tidak merubah titik finish kita saya harap, mari sama sama kita coba untuk berani melangkah, berfikir objektif, dan membuang jauh kata "PERCUMA", nikmati indahnya proses ini dengan baik dan kamu akan menemukan sebuah akhir bahagia dan dengan baik...

semua memang terasa sulit dan terlalu malas tapi tidak ada salahnya kan sekali saja mencobanya...???
hallo guys...
lama banget yah gue vacum, sekitar 6 bulanan...
selama itu banyak hal yang gue lalui, dan gue akan berbagi itu semua dari sini...
mulai dari tugas, pengalamana, cerita, dan semua yang gue lalui...

nah ini update pertama gue....
selamat membaca!!!



MEMBUAT FILM ANIMASI 2D dengan MACROMEDIA FLASH

Langkah-langkah Membuat Film Animasi 2 dimensi dengan Macromedia Flash
1. Membuat konsep dan Ide cerita -> sinopsi
2. Membuat Storyboard
3. Menggambar Karakter
4. Menggambar Latar belakang dan objek lain
5. Pewarnaan
6. Proses animasi
7. Penggabungan animasi
8. Pengsian suara
9. Konversi Animasi Flash (SWF) ke VCD

Berikut ini adalah penjelasan dari langkah-langkah di atas
1. Membuat konsep dan Ide cerita
Tentukan tema cerita (bisa didapat dari kehidupan keseharian, cerita-cerita animasi yang sudah ada, komik, dsb)
• Contoh konsep cerita: hiburan, lingkungan hidup
Misal: Seekor nyamuk/lalat terbang dari tempat sampah yang kumuh yang tergenang, kemudian nyamuk terbang dan menuju sebuah rumah mewah yang semua dindingnya terbuat dari kaca. Nyamuk sial karena tidak bisa masuk menembus dinding kaca tersebut.

Pesan: Jagalah kebersihan di lingkunganmu karena bahaya demam berdarah mengancam tanpa memandang status sosial.

• Cara mencari ide cerita
Imajinasi Positif Andai aku bisa terbang seperti burung
Andai aku jadi presiden Dll.
Imajinasi Negatif Andai aku bisa menghancurkan dunia
Andai aku bisa merampok bank Dll.

2. Membuat Storyboard
• Mengapa perlu Storyboard?
a.       Jika film dikerjakan 1 tim, agar alur cerita bisa dipahami oleh anggota tim.
b.      Agar kita tidak lupa dengan alur cerita yang sudah kita rencanakan (sebagai pedoman atau pengingat)
c.       Untuk mempermudah pembacaan isi cerita secara visual (seperti komik)

• Seperti komik, storyboard umumnya terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat:
a.       bentuk (alur cerita)
b.      . bentuk adegan
c.       bentuk klimaks (adegan yang paling memuncak dalam isi cerita)\
d.      bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu yang berisi romantisme, lucu, teror, dan takut)

• Dalam pembuatan storyboard terdapat beberapa istilah khusus, seperti:
a. Kamera (pengambilan kamera untuk pembuatan film biasa atau animasi)
b. Bahasa-bahasa teks berita (menerangkan dialog yang harus diucapkan)
c. Bahasa Audio dan Special Effect (bahasa yang menerangkan letak suara yang harus
 ada dalam adegan tersebut dan efek khusus yang harus digunakan).

• Storyboard dapat dibuat dengan 2 cara:
a. Penggambaran cerita dalam bentuk strip (potongan-potongan gambar) sesuai perkiraan tampilan yang diharapkan di layar (seperti komik), disertai penjelasan lengkap mengenai cerita.
b. Membuat storyboard dengan simbol, (ditujukan bagi yang tidak bisa menggambar). Jadi bentuk storyboard bisa dibuat dengan simbol-simbol yang bisa dimengerti oleh orang lain. Contoh: penggambaran manusia dibuat dengan bentuk garis dan kepala bulat, atau bentuk simbol bahwa gambar dimaksud adalah manusia. Storyboard model ini harus diberi penjelasan maksud simbol tersebut.

• INTINYA storyboard tersebut bisa dimengerti oleh kita dan orang lain yang membacanya.

3. Menggambar Karakter

• Proses pembuatan karakter dimulai dengan:
a. Pengamatan secara langsung ke obyek
b. sketsa tangan dengan pensil/spidol/tinta
c. gambar discan
d. file gambar diimpor ke Macromedia Flash
e. gambar tersebut dijadikan panduan untuk digambar ulang menggunakan tools yang ada pada Flash (seperti: pencil tool)

• Pengeditan gambar karakter di Flash hendaknya dipisah-pisah perbagian yang akan digerakkan (misal: kepala, tangan, kaki, dsb)

• Gabungkan objek-objek yang terpisah tadi

• Karena dalam animasi diperlukan beberapa posisi, maka karakter yang dibuat hendaknya dibuat dalam beberapa posisi , seperti posisi tampak samping, tampak depan, tampak belakang, dsb.

• Untuk menggambar pada posisi berbeda, pecahkan kembali karakter yang telah dibuat sebelumnya, klik Modify > Break Apart (Ctrl+B). Lalu putar & geser sedikit objek dengan logika penampakan yg diinginkan.

4. Menggambar Latar belakang dan objek lain
• Sebuah animasi tidak akan bagus jika tidak diberi lingkungan. Lingkungan inilah yang memberi kesan animasi menjadi hidup.
• Menggambar latar belakang harus sesuai dengan jalan cerita yang sudah ditentukan sebelumnya dalam story board.
• Agar gerak tidak terlalu monoton. Gunakan imajinasi untuk menggambar background dalam berbagai sudut pandang.
• Untuk membuat background 3D kita bisa menggunakan bantuan 3dsmax, namun yang lebih mudah adalah Swift3D, karena lebih simple dan hasilnya dapat langsung diekspor dalam formaf shockwave flash (swf).

5. Pewarnaan
• Pada teori warna dikenal pembagian warna:
1.  warna dasar untuk menghasilkan warna-warna lain.
àWarna Primer
2.  gabungan dari 2 warna primer
àWarna Sekunder
3. Warna Tersier  gabungan dari 2 warna sekunder
Kemudian ada intensitas warna, yaitu warna yang dipengaruhi oleh cahaya terang atau gelap terhadap suatu benda , dibagi menjadi 2 bagian:
1. Warna panas
2. Warna dingin

• Dengan penguasaan teori warna yang baik maka kita bisa untuk mewarna objek kita bisa memadukan beberapa warna yang serasi.
• Pewarnaan juga akan lebih optimal jika memperhatikan teknik pencahayaan (gelap-terang) sehingga warna objek lebih menarik.
• Untuk memudahkan pewarnaan karakter di Macromedia Flash, maka tahapannya sbb:
a.       Objek karakter harus dipecah terlebih dahulu menjadi beberapa bagian, klik Modify > Break Apart (Ctrl+B)
b.      Objek dijadikan symbol, Modify > Convert to Symbol (F8) > beri nama (misal: kepala) > pilih type symbol graphic > klik OK.
c.       Beri warna pada objek. Objek dapat dilihat pada library (F11), untuk memudahkan pencarian masukkan kelompok objek dalam folder library.
d.      Untuk menggabungkan kembali. Insert > New Symbol > beri nama objek gabungan (misal: nyamuk terbang) > pilih type movie clip > klik OK.
e.       Seret objek yang sudah diwarnai (dari library ke stage). Sebaiknya tiap bagian objek/karakter diletakkan dalam layer yang berbeda)

6. Proses animasi
• Untuk melakukan animasi, kuasai dulu teknik penganimasian di Flash:
a.  animasi gerak, posisi,àTween Motion & rotasi objek
b.  animasi modifikasi/perubahan bentuk objek
àTween Shape
• Animasi dilakukan per karakter, per objek, dan latar belakang sesuai dengan jalan cerita.
• Untuk memudahkan, sebaiknya semua objek kita satukan terlebih dahulu.
• Agar lebih mudah animasi sebaiknya dilakukan per objek, bukan per karakter langsung. Misal untuk objek burung/nyamuk lakukan animasi perbagian (animasi sayap saja, animasi kepala saja, dsb) lalu disatukan dalam movie clip.
• Flash memungkinkan membuat movie clip yang mengandung banyak movie clip untuk memudahkan manajemen animasi menjadi lebih sederhana.


Penjelasan:
Dalam movie clip burung terdapat 3 movie klip (sayap, kepala, badan). Dalam movie clip sayap terdapat 2 macam gambar yang digerakkan (tween motion), yakni tween gambar sayap kanan dan tween gambar sayap kiri. Begitu seterusnya untuk karakter yang lain.
Untuk menggerakkan burung maka, kita cukup melakukan tween motion pada movie clip burung_mc maka objek sayap, kepala dan badan akan ikut “terbang” bersama burung.
• Jika animasi dibuat hanya dalam 1 movie clip, maka proses penganimasiannya akan lebih sulit
• Agar gerak karakter lebih hidup kita dapat membaca artikel penganimasian dari buku Cartoon Animation by Preston Blair berupa gambar ekspresi gerakan mulut ketika mengucapkan kalimat atau kata-kata yang diterangkan dalam bentuk gambar ekspresi mulut per huruf.
Tips Penganimasian
• Jika mengalami kesulitan dalam penganimasian lihat kembali storyboard dan buat lebih detail
• Untuk memperkaya penganimasian, banyak-banyaklah melihat adegan film, video klip atau yang lainnya tentang cara pengambilan gambar.
• Untuk membuat animasi karakter pada tokoh, pastikan animasi dibuat pada movie clip yang terdiri dari beberapa movie clip dan simbol graphic di dalamnya.
• Untuk animasi menggunakan actionscript, janganlah menggunakan action yang terlalu rumit. Gunakanlah action yang sederhana, seperti play() atau stop(); atau tanpa actionscript sama sekali. Ini dimaksudkan untuk pengolahan menjadi Video CD (VCD) menjadi lebih mudah.

7. Penggabungan animasi
• Penggabungan animasi berarti:
Menggabungkan beberapa animasi yang terdapat pada beberapa movie clip, yang di dalam movie clip tersebut juga terdapat beberapa movie clip. Setiap movie clip berisi adegan atau cutscene yang kemudian digabungkan dengan adegan lain sehingga menjadi sebuah animasi (cerita/film).
• Adegan-adegan yang terdiri dari beberapa movie clip dapat diletakkan dalam 1 scene saja (timeline utama) atau setiap pergantian adegan dimasukkan dalam scene baru. Caranya klik Insert > Scene.
• Secara default film akan memainkan animasi berurutan Scene 1 > Scene 2 > Scene 3 > dan seterusnya. Untuk mengubah urutan tersebut. Kita bisa mengaturnya dengan cara klik Window > Other Panels > Scene (Shift+F2). Pada jendela Scene kita bisa menggeser-geser urutan scene dari atas ke bawah atau sebaliknya.
• Kita juga bisa mengganti nama scene sesuai dengan keinginan kita dalam jendela Scene.
• Contoh diagram susunan movie clip pada movie total:
8. Pengisian suara
• Animasi akan lebih hidup jika ada suara yang mengiringi jalan cerita animasi tersebut.
• Suara untuk animasi dapat diperoleh dengan merekam sendiri atau mengedit file suara dengan software pengedit suara (audio editor).
• Kita juga bisa mendownload file suara yang kita inginkan dari internet seperti situs resource flash
www.flashkit.com.
• Untuk mengedit suara software tambahan yang dapat digunakan antara lain: FruityLoops, Sound Forge, Cool Edit 2000, dsb.
• Format suara yang dapat dimasukkan ke dalam Flash antara lain wav dan mp3.
• Untuk memasukkan suara ke dalam Flash: klik Import > to Library. Pada file type aktifkan All Sound Formats (untuk menyeleksi yang tampil hanya semua file suara yang didukung flash). > klik OK
• Untuk memasukkan ke dalam timeline, cukup drag file suara ke dalam frame yang diinginkan.
• File suara tidak harus diletakkan di timeline utama, tapi cukup di movie clip yang ada di dalamnya. Suara akan ditampilkan pada saat dimainkannya movie clip tersebut.

9. Konversi Animasi Flash (SWF) ke VCD
• Agar film animasi bisa ditampilkan di televisi, maka harus dikonversi ke dalam format VCD. Tahapannya file Flash harus dipublish menjadi SWF > dikonversi ke AVI > dikonversi menjuadi VCD (.DAT) agar bisa dimainkan di VCD Player.
• Untuk konversi SWF ke AVI di Macromedia Flash MX dibutuhkan software tambahan yaitu SWF2Video. Namun untuk Macromedia Flash 8 Sudah dilengkapi dengan fasilitas konverter Windows AVI. Namun file ini hanya bisa dimainkan oleh program VCD Player pada Windows, bukan pada VCD Player yang sesungguhnya. File AVI ini nantinya akan diolah lagi dengan program QuickTime dan TMPGe sehingga dapat dihasilkan file dengan format AVI

END