Rabu, 01 Agustus 2012

naskah pertamaku

hahahai...
setelah lama fakum akhirnya saya kembali lagi...
mungkin setelah lulusbaruaktif kali yah nulis nulis...
kali ini gue mau upload tugas tugas gue neh, semoga ajah bermanfaat..
spesial buat hari ini, gue mau upload naskah gue , tepatnya naskah film pendek gue...
semoga ajah bermanfaat dan menarik...



ADITYA DAN AL-HADAT
Prolog 1 :
            “Kringg .. kring … “kring ..”
            Jam beker berdering kencang bukan Cuma 1,tapi 3 di kamar. Tersentak kaget setengah mati , lantaran baru teringat hari ini adalah hari pertama sekolah, langsung loncatlah cowo tampan yang kusut,kusam,dan urakan ke kamar mandi ..
“Hai, gue aditya panggil gue adit .. hoby gue tidur nongkrong, kehidupan gue menurut gue sih keren banget semuanya berjalan seperti air mengalir dari atas ke bawah. Tampang gue kaya Vino G Bastian aja lewat, soal moral dan pendidikan enggak jelek dan enggak bagus juga alias Normal : Semua kata gue, tapi kata orang enggak tau dah, soalnya “I DON’T CARE …”
Prolog 2 :
            Udara pagi Jakarta hari ini cukup cerah dan sejuk, pagi-pagi buta aku udah keluar rumah,berjalan keluar kampung ke jalan raya terus berangkat deh ke sekolah impianku.Hari ini adalah hari pertama sekolah ku dan aku ke sekolah itu,aku enggak boleh telat apalagi Cuma karena alasan umum MACET .
“Perkenalkan namaku AL-HADAT, kata mamah aku harus jadi orang yang sholeh,berbakti,rajin,rendah hati dan pandai bersyukur atas segala nikmat yang ada  ALHAMDULILLAH,walaupun bukan orang yang cerdas Sekota Jakarta ini, tapi nilaiku sudah cukup membuat mamah tersenyum bangga .. Terima Kasih mamah,udah membimbing dan mendidik AL-HADAT ..

Hari Pertama Sekolah

Tret … Tret …
Bel jam pelajaran pertama berbunyi sudah, para siswa baru pun memulai pembelajaran hari ini dan langsung menuju ke kelas masing-masing !      Para Siswa kelas X MULTIMEDIA 1 pun langsung menuju ruang mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam waktu sekejap seluruh bangku ruang terisi setelah pintu di buka oleh guru pengajar diklat, kecuali bangkudi depan meja guru itu, hanya di isi oleh seorang anak laki-laki dengan … dengan .. penampilan CULUN ABIS ! hahaha walau enggak pake kacamata KODOK, tapi belahan rambutnya SUMPAH ENGGAK NAHAN ..!
            “ Selamat pagi anak-anak … “
            “ Pagi Bu .. “ Jawab serentak
            “ Saya ucapkan Selamat Datang dan Selamat Bergabung di SMK 56, perkenalkan nama saya ibu .. dan saya akan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum saya memulai pelajarn hari ini saya ingin mengabsen sambil perkenalan dengan kalian, ketua kelas mana Absennya .. “
Ketua Kelas .. belom ada ibu ! Tapi untung ada si cupu itu, yang entah sejak kapan sudah memegang list nama anak X TMM1.Setelah mendapatkan List pun si Ibu guru langsung mengabsen muridnya.
Bud.tiba-tiba berhenti di tengah dan terpotong ..
Tok .. Tok .. Tok ..
“ Permisi bu .. “
“ Maaf, saya terlambat .. “
“ Nama kamu siapa .. ? “
“ Adit, Aditya Bu ! “
“Baru hari pertama sekolah sudah Terlambat … “
“ Rumah kamu di mana memangnya.. “
“ BLOK M … “
“ Emmm .. baiklah, besok jangan di ulangi sekarang silahkan duduk .. “
“ Makasih bu .. “
“Baik kita lanjut Absennya sampai mana tadi .. “
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
“ Hai Adit , Namaku AL-HADAT … “ Kata seorang cowo enggak banget yang sialnya duduk sama gue, tambah apes lagi gue duduk persis di depan  meja guru hal terlangka seumur hidup gue ..
“ Tau dari mana LO nama gue ? “
“ Tadi waktu kamu lagi ngomong sama Bu Yani .. “
“ Bu Yani? Siapa? “
“ Itu guru yang di depan kita .. “
“ Oh .. Iya, gue Aditya panggil aja Adit ! “
Itulah awal perjumpaan gue sama AL-HADAT ….

Tak terasa sekarang sudah memasuki waktu ISOMA para muridpun segera berhamburan keluar menuju ke kantin ataupun ke masjid untuk Sholat Dzuhur …
            “ Adit .. “ Panggilku sambil berlari kearah teman baru ku, jujur aku sih berharap banget bisa sahabatan sama orang pertama yang ku temui ..
            “ Heh … “
            “ Mau kemana ? Aku boleh ikut enggak ? enggak ada temen nih ! “
              Kantin .. “
            “ Okeh kebetulan aku juga laper banget nih .. “
Aku pun berjalan disisi Sahabatku dengan penuuh semangat, bukan … emmm tidak tapi baru teman ! yah semoga saja bisa jadi sahabat…
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kami pun makan dan ngobrol bersama tentang maa SMP dan alasan masuk sini tak sadar hamper aja aku melewati waktu dzuhur ...
“Astagfirullah, dit sholat berjamaah yuk ke masjid .. “
            “Enggak agh, lo aja … “
            “Kenapa? Kita udah baliqh kata mamah wajib kali .. “
            “Hahaha .. hahaha .. Sorry gue lagi M “
            “ M? “
            “Iya, M – A – L – E – S “
Aku aneh kenapa semua teman-teman yang lain dan Adit bisa tertawa seriang itu, padahal apa lucunya? Ya sudah akhirnya aku memutuskn untuk berjalan sendiri ke Masjid, mungkin nanti sholat dengan yang lain atau pergi sholat bersama ku lain waktu ..


            “Dit … kamu kemana aja ko jarang masuk ! “
            “Kata siapa ? Gue masuk ko .. ? “
            “Tapi, kamu enggak ikut belajar di kelas, atau suka menghilang tiba-tiba                                                                 di jam berikutnya … ? “
            “Kantin .. “
            “Dit, sebentar lagi kenaikan kelas ? “
            “Terus ? “
            “Kamu enggak takut ketinggalan Pelajaran ? “
            “Lo, aja masuk terus tapi masih aja ketinggalan zaman … “
            “Umm …. “
            “Udeh, jangan ngurusin orang, urusin diri lo aja … “
            “Aku Cuma khawatir, habis kamu parah banget semester 2 ini seminggu masuk cuma                2-3  kali itupun enggak full … atau Cuma ujian aja
            “Biasa aja, kali … Kaya baru kenal gue aja …. “
            “Tapi …. Aku takut … “
            “Gue enggak Naik Kelas … “
            “Iya … “
            “Gue pasti Naik, udah dari dulu kan udah gue bilang enggak usah urusin hidup gue, urus aja tuh  diri lo…. Hahahahaa “

Hampir setahun aku kenal dan bersama sama dengan Adit tapi dari dulu sampai sekarang dia belum juga menjadi Sahabtku. Padahal aku selalu berusaha untuk ada saat dia butuh catatan atau mengerjakan PR-nya yang tertinggal atau lupa. Aku selalu berniat baik untuk mengulurkan tanganku tapi kata seperti itu yang ku dengar atau segala niat baik ku malah di jadikan bahan tertawaan seperti setiap aku mengajaknya Sholat Jum’at atau Sholat Dzuhur.

Aditya, Walaupun kamu Pemalas, suka Terlambat,Urakan,Hidup sesuka hati tapi aku yakin kamu bisa berubah .. Berubah … Iya kenapa tak Terpikirkan yah ! Kamu berubah , kalau enggak bisa sendiri   Aku, Aku bisa bantu merubah Pola Pikir, hidup dan sifatmu jadi lebih baik, kaya mamah ! Baiklah mulai semester depan, aku akan berusaha sekuat tenaga mu merubah kamu …


CUPU …. CUPU setahun lo hidup di sini tapi ya ampun Ujung Rambut sampai Ujung kaki enggak ada sedikit pun berubah ! Lo enggak jelek, Tapi Penampilan lo yang ala Tahun 70-an alias ketinggalan zaman itu yang buat lo jadi “ Freak “ ….. Sebenernya lo tuh tau enggak sih cara nikmati hidup …. Sayang banget kan, masa SMA Cuma diisi kaya hidup lo sekarang, Basi banget, Hidup itu dating  cuman  sekali  jadi lo tuh harus nikmati “Hidup Lo “ …  Kalau emang lo enggak tau dengan senang hati gue akan ngajarin lo cara nikmati hidup lo di Masa paling Indah ini … Iya, gue bakal ajarin lo biar Keren dan enggak Freak Begini …..
            “ Dit …. Seneng deh ternyata Ketakutan … “
            “ Lo kalau gue enggak Naik Kelas enggak kesampean … “
            “ Iya, Hehehee .. “
            “ Gue kan sudah bilang gue pasti Naik Kelas .. “
            “ Iyah …. Karena itu lo harus Bersyukur … “
            “Okeh … Syukur … Syukur … “
            “ Maksud gue … Sholat itu salah satu ucapan Terima Kasih kita ke Allah atas segala karunianya … “
            “ Lo …. “
            Hari ini gue enggak mau dengar kata itu lagi … Ayo cepat nanti ketinggalan Sholat Berjamaah …. “

Tanpa basa basi si culun narik gue kaya anak domba ke Mesjd dan Tempat Wudhu … Mampus … gue udah lupa !!! Entah Abad ke berapa gue sholat jangankan bacaan gerakannya gue Lupa inget … Tapi yaudahlah, udah terlanjur basah ! Baru setelah itu kasih pelajaran sama si Cupu buat Menikmati Hidup …


            “ Heh dit, mau kemana kamu … “
            “ Kantin … “
            “ Lo mau ikut enggak ke kantin gue bayarin deh … “
            “ Emmm … “
            “ Udah, Ayolah … sekalian gabung sama anak-anak lain .. “

Tanpa basa basi langsung gue seret ajah si culun kekantin. Sepatah katapunengga gue biarin dia ngomong, kali ini giliran gue ngajarin dia nikmati hidup. Sepanjang jalan gue senyen sendiri dan melangkah penuh semangat ke kantin.

Adit tanpa mendengarkan ucapanku langsung saja menyeretku ke kantin. Kali ini aku bergabung dengan kawan – kawannya duduk dibawah pohon di salah satu pojikan kantin. Dia pun memesan makanan dan s satu teko untuk semuanya. Aku hanya terdianm dan focus ke makananku, bukan apa tapi aku tidak mengerti akan apa yang mereka bicarakan,sampai lamunanku buyar oleh suara adit :

Adit : “ al hadat, punya korek gak lo?”
Hadat : “ hah, korek? Buat ? “
Adit: “ buat neh….”
Hadat : “ kamu?”
Adit :” iayah, emang kamu gak pernah!”
Hadat :” engga soalnya ngerusak kesehatan…”
Adit:” semua anak seumuran kita pasti pernah nyoba, ini salah satu cara menikmatihidup..”
Hadat :” eghh….”
Adit :” masa smk itu adalah masa paling indah, jadi jangan lo sia-siain kaya gini, belajar sini ama gue…”
Karena aku tidak merokok alhasil aku batuk – batuk.

Hahahah akhirnya aku berhasil member les pelajaran pertamaku ke al hadat. Hari ini aku siap memberikan les selanjutnya, nah itu dia…
Adit: “ hadat, tunggu….”
Hadat : “ apa..?”
Adit: “ yaelah gitu ajah ngambek, mau kemana?”
Hadat: “ perpustakaan…”
Adit:” ngapain..?”
Hadat: “ kalo gitu, ikut ajah yuk…”
Adit : “ e…..e..e…. tunggu”
Bukannya aku yang memberikan les hari ini, aku malah diajak ketempat yang selama ini hamper tak pernah ku jammah, tapi untung saja aku bisa melarikan diri saat si cupu itu asyik membaca buku.
Hadat : “ dit, kamu gak masuk kelas?”
Adit : “ engga, aduh.. aduh… “ heheehe, tiba tiba muncul ide cemerlang di otakku ketika melihat adit dan teringat akan majalah tadi pagi.
Hadat: “kamu kenapa?”
Adit: “ aduh, perut gue sakit, aduh kaki gue kram, kepala gue…”
Hadat:” kamu sakit. Kalo gitu ayo kita ke UKS …”
Adit : “ jangan ke UKS, anterin gue kekantin, ….”
Hadat :” kantin… tapi….”
Sesampainya dikantin dia malah berlari kebelakang kantin meninggalkanku dan kembali dengan sebuah buku di tangan kirinya. Dan duduk di sampingku setelah membeli es.
Hadat :” kamu gak sakit kan?”
Adit: “ udah engga kok”
Hadat :” yaudah aku kekelas”
Adit :” eit, nanti dulu, bentar lagi juga istirahat, udah duduk ajah…”

Aku pun duduk kembali dan mendengarkan ucapan dengan setengah hat, entahlah setan apa yang membuatku bertahan. Diapun mulai  bercerita dan membuka buka buku yang dibawanya tadi. Melihat gambar yang ada di buku itu, aku gemetaran , keringat dingin dan menelan ludah, adit hanya tersenyum simpul sesekali ketika melirik kearahku. Dengan terbata aku pun membuka mulut .

Hadat :” apa apaan ini?”
Adit : “ baguskan ? hahahhaha… ampe mata tuh mau keluar ?”
Adit : “ wajar, berarti lo normal…”
Hadat : “ mau kamu apa sih…?”
Adit :” gue cuma mau bantu lo nikmati hidup!”

Adit benar benar keterlaluan hari ini, entah apa yang ada diotaknya. Aku pun terasa muak dan langsung pergi meninggalkannya.
Hahahahahha… sumpah culun abis , wajah tuh orang. Walau berhasil ngacir, tapi gue udah puas kasih les yang tertunda itu.


Hadat :” dit….”
Adit :” egh, gimana nikmatkan ?”
Hadat : “ huft, sepertinya kamu butuh bimbingan?”
Adit: “ maksud lo? Lo tuh yang butuh bimbingan, biar gak punah”
Hadat :” aku serius, kamu harus ikut aku sekarang…!”

Sial si culun ini berhasil narik gue ke tempat aneh ini. Seolah dia punya magnet buat diri gue, berontak pun akhirnya gue tetap ketarik. Ala mak, bimbingan gini banget sumpah ini pertama kalinya gue ikut beginian. Lo tau gue dimana? Gue di Masjid ? Ngapain?  Ikut ROHIS …. Alhasil gue Cuma bisa membatu dan diam cengo disini rasanya nyaman juga, tapi masih cukup asing buat gue dan gak gue banget. Masuk tuh siraman ke kuping kanan gue dan dengan mulusnya keluar dari kuping kiri gue.

Hari ini karena aku kehilangan uang , al hasil aku tak punya cukup ongkos kerumah. Aku pun memutuskan untuk berjalan kaki setengah perjalanan dan menyambungnya dengan naik angkot supaya uangku tercukupi, anggap sajalah sebagai olahraga. Tiba – tiba seseorang berlari dengan kencang melewatiku dan menyerempetku di tengah asyiknya perjalanan hinggaaku terjatuh. Aku hafal benar siapa sosok itu, aditya teman sekelasku.

Adit :” sorry, sorry gue lagi buru buru”
Hadat :” dit,mau kemana …”
Adit :” yah, ayo lari….” Adit langsung mendorongku berlari.
Hadat:” kenapa kita lari begini?”
Adit :” kita lagi perang badar ada musuh dibelakang, tar ketangkep…”
Hadat:” hah?”

Aku dan adit terus berlari tapi didepan ternyata juga ada sekelompok orang yang jumlahnya jauh lebih banyak. Kami pun langsung mengambil jalanlain masuk kekampung, gang gang berlari dan terus berlari. Sampai akhirnya kami menemukan tempat persembunyian sementara dan pulang kerumah bersama setelah dirasa aman. Sepanjang jalan kami mengobrol, bercerita dari situlah kita semakin akrab.


Hari sepertinya terasa special bagi kelas X MULTIMEDIA I , karena ada seorang murid baru pindahan dari kota bandung. Dia bernama zaskia, gadis ini terlihat manis, ceria, dan humble. Sampai pandangan adit sedari tadi tidak teralihkan sedari tadi karenanya. Sampai akhirnya pandangan terbuyar, oleh suara mengelegar.

Guru :” adit… adit…adit”
Adit :” hah…”
Guru :” kamu mikirin apa?”
Adit :” Zaskia bu….?”
Guru :” adit, sekarang itu waktunya belajar bukan memikirkan hal lain…”
Adit :” aaaampun bu, sakit”
Hadat :” zaskia cantik yah? Kamu suka”
Adit :” berisik ….”

Sejak saat itu adit benar terpana oleh zaskia bukan hanya karena wajahnya yang manis, tapi juga karena kepribadiaannya yang anggun dan supel. Bahkan tak segan untuk adit mengobrol atau bertegur sapa. Tapi jujur saja jika dilihat Zaskia memeng terlihat akrab sekali dengan AL hadat di bandingkan adit, mereka sering sekali belajar bersama, makan bersama, bahkan tak jarang pulang dan berangkat bersama . itulah yang membuat sifat adit yang tadinya lebih akrab dengan hadat menjadi sedikit menjauh lagi. Suatu hari zaskia tidak masuk sekolah, adit yang tidak tahu kebingungan mencarinya. Karena sedari tadi adit tidak melihat zaskia menampakkan wajahnya, padahal hari ini adit ingin bertemu dan mengungkapkan perasaannya kepada zaskia. 

Hadat  :”dit, kata anak anak kamu mencari zaskia? Ada apa?”
Adit :” apa sih?”
Hadat :”kalo ada pesan buat zaskia, aku bisa menyampaikannya ?”
Adit :” heh, sok iye banget sih! Emang lo siapanya, hah? Pacarnya? Sampe gue harus ngomong dulu ke lo?”
Hadat :”emmm, emang kalo gue pacarnya kenapa?”
Adit :” lo….!!!!”
Hadat :” dit, tunggu aku belum selesai?”

Adit langsung meninggalkan aku begitu saja, Nampak dari raut wajahnya dia sedang berada di puncak emosi yang paling tinggi. Dia kenapa sih? Kenapa dia berubah lagi sekarang? Akupun berpikirkeras tentang sikap adit yang berubah dan akibat kemarahannya tadi. Akhirnya aku teringat akan kejadian di kelas diawal kepindahan zaskia, adit menaruh hati ke zaskia dan ucapan ku tadi membuatnya memanas dan  perubahannya selama ini mungkin karena dia salah paham akan kedekatanku dengan zaskia. Sedari kecil aku dan zaskia memang akrab, mengingat dia adalah adik sepupuku dan kita dulu pernah bersekolah bersama ketika duduk dibangku sekolah dasar sampai akhirnya ayahnya mendapatkan mutasi ke bandung. Aku pun memberikan pesan singkat ke zaskia dan meceritakan segala kemungkinan yang ku terka dari sikap zaskia. Dan tanpa ku duga ternyata zaskia mempunyai perasaan yang sama dengan adit, namun sekarang dia sudah tidak ada waktu lagi untuk mengatakannya karena ayahnya mendapatkan mutasi lagi ke makasar,dan berarti dia harus pindah sekolah lagi dan ikut ayahnya. Hadat  merasa mempunyai sebuah tanggung jawab besar untuk meluruskan segalanya dan meringankan beban hati sepupu tercintanya sebelum kepindahannya.


Zaskia :” pagi adit…”
Adit :”pagi…”
Zaskia :”kata kak hadat kamu kemarin mencariku, ada apa?”
Adit :” heh, kak? Kita seumuran kali ! pake manggil kakak, ohhh… gue lupa kalian kan pacaran!”
Zaskia :” maksud kamu apa? Aku gak ngerti?”
Adit :” kalian itu cocok yah, sama sama sok polos dan gak tau apa apa!”
Zaskia :” dit, kamu…?”
Adit :”dan satu lagi, gue gak pernah nyariin lo jadi gak usah pede…”
Sejak saat itu adit selalu saja memasang muka masam kepadaku, dia selalu menghindar bahkan memutar jalan ketika melihatku ataupun berpapasan denganku. Gak ada lagi, candanya ataupun tingkah konyol, pertanya tanyaan datar, ekspresi lugunya dan celetukan hati kecilnya yang terucap bebas tanpa rem. Dia sebenarnya adalah orang yang menarik dan lucu, mungkin dia hanya sedikit pemalas dan kurang disiplin. Adit, andai kamu tau isi hatiku dan mau mendengarkan ucapanku. Adit aku merindukan celoteh mu itu…


Hari ini, aku harus meluruskan semuanya. Melihat sikap adit ke zaskia dan zaskia yang selalu murung karenanya membuatku tak tega. Aku pun menyusun sebuah rencana, 2 hari lagi tepat sehari sebelum zaskia pindah aku ingin mempertemukan mereka, aku pun menyusun rencana A,B, dan C. aku juga mempersiapkan sejuta alasan buat adit agar mau ikut denganku. Setelah semua tersusun rapih dan matang akupun, besok akan menemui adit dan mulai membujuknya. Karena aku yakin ini akan memakan banyak waktu dan belum tentu aku dapat bertemu dengannya besok disekolah.
Benarkan dugaanku sulit sekali menemukannya hari ini, bahkan batang hidungnya sama sekali tidak terlihat dikantin. Akupun bertanya kesana kemari, ternyata hari ini dia tidak masuk entahlah tidak ada yang tahu alasan pastinya. Baiklah, mungkin besok kita bisa bertemu dan membujuknya. Tapi, sampai hari terakhir Zaskia di sekolah dia tidak masuk. Manusia ini dari dulu memang susah sekali dicarinya jika dibutuhkan, bagaimana ini besok pagi zaskia sudah harus berangkat ke makasar. Kasihan zaskia pasti ini akan jadi beban pikirannya, tuhan berikan keajaiban. Tak lama keajaiban pun turun, (just kidding) saat aku berjalan pulang aku melihat adit berjalan di depan ku, akupun langsung berlari kearahnya dan memanggilnya. Sudah tidak ada banyak waktu, pokoknya dia tidak boleh lepas dariku. Atau semua rencanaku akan gagal total.

Hadat :” adit… aduh kamu kemana ajah? Ya allah terima kasih atas mukzijatmu!”
Adit :” apa sih, …”
Hadat :” udah gak ada banyak waktu, cepat adit ikut gue… sebelum semuanya terlambat!”
Adit :” heh, kemana …..”
Aku tak bisa menjawab aku pertanyaannya, karena sudah tak ada waktu lagi. Semoga saja Zaskia tetap ada disana seperti rencana awal ku, semoga dia mempercayaiku jika aku bisa membawa adit bertemu dengannya. Dalam hati k uterus berkecamuk akan kemungkinan yang terjadi, tapi untunglah Zaskia ada, aku yakin sebenarnya pasti dating dan mempercayaiku karena dia adalah orang yang tepat janji. Akupun berhenti berlari , kaget aku berhenti tiba tiba adit pun tersungkur ke tanah. Aku pun membantunya berdiri, aku tak perduli akan makiannya.
Hadat :” nah, sekarang dari sini kamu jalan sendiri. Nanti di bangku sana ada seorang yang menunggumu…”
Adit :” apasih…”
Hadat :”sebelum semua terlambat… cepat!”
Akupun mendorong adit agar segera melangkah kebangku tepat 100 meter dari kami, adit pun mulai bergerak dan melangkahkan kaki ke bangku tersebut. Akupun tersenyum dan bergegas membalikkan badan berjalan pulang. Sekarang tugasku sudah selesai.


Gue  gak percaya lagi akan apa yang kulihat, Zaskia. Apa sebenarnya maksud semua ini.
Zaskia :” adit… apa kabar?”
Adit :” baik, ngapain lo disini?”
Zaskia :”heemmm, aku nunggu kamu! Kamu kemana ajah?”
Adit :” bodoh, , ,”
Zaskia :” aku yakin kamu pasti datang”
Adit :”heh?”
Zaskia :” dit, ada yang mau omongin tapi kamu selalu ajah menghindar dariku dan gak pernah masuk akhir akhir ini …”
Adit : (hanya menatap zaskia)
Zaskia :”dit, aku dan kak hadat bukan pacaran seperti apa yang kamu fikirkan!”
Adit :” trus hubungannya ama gue?”
Zaskia :” dengar dulu, aku dan dia itu saudara sepupu jadi sudah sewajarnya kan dekat dan akrab?”
Adit : ( adit, tertengun seperti disamber gleedek )
Zaskia :” kaget yah, dit besok aku pindah ke makasar karena aku harus ikut ayahku, beliau di mutasi lagi. Aku seneng banget bisa kenal kamu, kamu... berbeda! Apa kamu punya sesuatu yang belum kamu sampaikan sebelum aku pindah”
Adit :”emmmm… ada, aku tertarik kekamu! Aku suka ama kamu?”
Zaskia :” apa itu alasan dulu waktu aku tak masuk kamu mencariku ?”
Adit :”emmm , iya… tapi”
Zaskia :”aku juga tertarik kekamu, tapi saying yah waktu berlalu begitu cepat. Aku harus pergi, semoga saja masih ada lain waktu buat kita mengenal!”

Aku tercengang, obroalan pun berlanjut. Kami bercerita tentang semuanya, bertukar pikiran, dan rencana rencana kami kedepannya. Dia juga menceritakan jika al hadat sudah mengatur pertemuan ini, dan sudah lama sekali ingin menjelaskan kepadaku tapi aku tidak pernah bertemu dengannya karena aku terlena akan permainan game online dan rasa terluka, padahal semua salah sangka. Di akhir pembicaraan Zaskia berjanji padaku akan datang menemuiku ketika acara wisuda ku, itu berarti aku harus lulus. Agar aku bisa bertemu dengannya dan masih ada satu hal lagi, aku harus berterima kasih dan meminta maaf ke hadat karena aku sudah salah paham selama ini, hadat maafkan aku yah.

Hadat :” dit, aku lihat akhir akhir ini kamu jarang menghilang di jam belajar dan kata bu yani kamu sedang berjuang keras memperbaiki nilaimu?”
Adit :” berisik, emang kenapa? Gak boleh apa?”
Hadat :” engga, bagus kok!”
Adit :” daripada terus ngoceh mending lo bantuin gue neh, ajarin gue soal soal ini! Dan makasih buat waktu itu, maaf gue udah salah paham antara lo sama Zaskia…”

Aku hanya tersenyum simpul mendengar ucapan adit, aku lega sekali perlahan lahan dia sudah berubah. Dan semakin hari menjadi lebih baik, walau kadang massih saja seperti itu terlambat, menghilang, tapi dengan intensitas yang lebih sedikit tentunya. Dan kami pun semakin akrab dan membantu satu sama lain, sharing, dan mencari solusi masalah pelik dalam hari hari kami. Jadi teringat waktu lalu dimana kita saling terik ulur untuk merubah diri kami masing masing, kalo seandainya kami berubah mungkin kejadiaan dan hari seperti sekarang sekarang ini gak akan seberwarna ini, perbedaan diantara kami inilah yang membuat semuanya jadi menantang. Perbedaan ini yang akhirnya membuat kami belajar untuk saling mengerti, toleransi, menghormati keputusan, hak, dan prinsip masing masing. Aku dan adit dilahirkan dengan jalan berbeda, apapun yang terjadi yang terpenting kami harus berhasil melaluinya dan memetik segala maksud sang pencipta, justru semua ini membuat kehidupan seluruh manusia itu tidak monoton.

Akhirnya setelah ujian akhir sekolah kami lalui dengan baik, aku telah berusaha semaksimal mungkin. Begitupun adit, dia juga berusaha semaksimal mungkin bahkan lebih keras mengejar semua ketinggalannya, walau begitu dia tetap semangat mungkin karena janji Zaskia itu. Telah menjadi sebuah dorongan kuat buat dirinya berusaha lebih baik, sampai juga yah kita di acara wisuda. Oh iya, kami berhasil lulus lo! Aku berhasil meraih nilai yang memuaskan, adit walau dengan nilai yang pas pasan tapi dia juga berhasil lulus dan puas. Sedari tadi aku lihat wajah cemas adit mengawasi seisi ruangan kelas favorit kami ruang bahasa, aku tahu dia pasti mencari zaskia,  tanpa dia sadari sedari tadi zaskia sudah berada di belakangnya. Zaskia pun menyapanya dan mengulurkan tangan mengucapkan selamat, adit tersenyum bahagia, tertahan beberapa detik adegan itu, sampai mereka menghampiriku dan bercanda kami sambil meninggalkan sekolah. Dit , benar Masa SMK itu memang masa paling indah, selamat tinggal masa SMK ku….


                                                            SELESAI